RESENSI BUKU MANAGEMEN PEMASARAN
Resensi Buku Managemen Pemasaran
- NAMA : SYAFRIUDDIN IRSYAD
- NIM : 1788144006
- PRODI : MANAJEMEN
- KELAS : B14
IDENTITAS
BUKU
Judul
Buku : Managemen Pemasaran
Penulis :
Prof. Dr. Thamrin Abdullah. M.M., M.Pd.
Dr. Francis Tantri,
S.E., M.M.
Penerbit :
PT. RajaGrafindo Persada
Cetakan : 2, 2013
Tebal : 258 halaman.
ISBN :
978 – 979 – 769 – 419 - 7
PENULIS
Prof. Dr. Thamrin Abdullah. M.M., M.Pd., lahir
di Barru Sulawesi Selatan tahun 1945 dan
Dr. Francis Tantri, S.E., M.M., lahir di Tanjung Pinang,
Provinsi Kepulauan RIAU pada tahun 1951.
ULASAN
BUKU
Pemasaran
yaitu suatu proses yang teratur dan jelas untuk memikirkan dan merancang pasar.
Proses ini dinilai dari riset pasar, untuk mengetahui dinamikanya,
mengidentifikasi peluang, menemukan orang atau kelompok dengan kebutuhan yang
tidak terpenuhi atau minat terhadap suatu produk atau jasa. Proses pemasaran
dapat diterapkan pada semua kehidupan yang dapat dipasarkan, termasuk ide
kejadian, organisasi tempat dan kepribadian. Seorang pemuda menyewa sebuah
papan iklan besar yang dipergunakan untuk mengutarakn cintanya kepada seorang
pemudi. Disadari atau tidak, dia terlibat dalam pemasaran. Dalam skala yang
berbeda, perusahaan kapal terbang Boeing juga terlibat dalam pemasaran pada
waktu mereka menyadari bahwa industry kapal terbang membutuhkan pesawat yang
lebih hemat bahan bakar dan lebih tenang. Untuk memenuhi kebutuhan ini mereka
kemudian mengembangkan, menghasilkan serta menjual pesawat semacam itu.
Tugas setiap bisni adalah
menghantarkan nilai kepada pasar dengan memperoleh laba. Namun, sedikitnya ada
dua pandangan tentang proses penghantaran nilai, pandangan tradisional adalah
perusahaan membuat sesuatu dan kemudian menjualnya. Misalnya, Thomas Edison
menciptakan phonograph dan mempekerjakan orang untuk menjualnya. Dalam
pandangan ini, pemasaran terjadi di bagian kedua dari proses penghantaran
nilai. Padangan tradisional ini menganggap perusahaan tahu apa yang harus
dibuatnya dan pasar akan menyerapnya dalam jumlah cukup untuk mendatangkan
laba.
KELEBIHAN
Buku
ini sangat mudah dipelajari karena isinya tidak hanya sebuah penjelasan saja
tetapi memberikan contoh dalam kehidupan sehingga dengan mudah di pahami bagi
pembaca dan kata-kata yang digunakan oleh penulis untuk buku ini sangat mudah
sekali di pahami karena jika menggunakan kata yang tidak familiar, penulis
memberikan kurung kurawal untuk memberikan penjelasan untuk kata tersebut. Dan
yang paling menarik dari buku ini adalah materi yang menurut saya lengkap
sebagai bahan belajar jika ingin memahami Managemen Pemasaran, karena semuanya
dibagi-bagi dalam beberapa Bab yang cukup padat penjelasannya.
KEKURANGAN
Jenis
huruf yang monoton dan berada dalam satu warna sehingga pembaca menjadi mudah
bosan, gambar yang disajikan juga tidak berwarna sehingga kurang menarik.
PENUTUP
Buku
“Managemen Pemasaran” ini hadir sebagai panduan dalam mempelajari pemasaran
seperti proses pemasaran yang termasuk ide kejadian, organisasi tempat dan
kepribadian. Dengan diawali dari pengertian managemen pemasaran sampai pada
managemen distribusi.
Komentar
Posting Komentar